Kamis, 16 Juni 2016

Penuaan sel tubuh

Kian hari usia kita terus bertambah, fungsi biologis tubuh kita pun terus beranjak menurun. Baik itu kulit, otot, organ-organ tubuh, saraf dan segala sel yang merangkai tubuh kita.

Mengenai usia, ada yang kita sebut usia kalender, ada pula yang disebut dengan usia biologis. Seseorang yang di usia kalendernya berumur 30 tahun, bisa saja tubuhnya berusia 40 tahun secara usia biologis. Demikian pula seseorang yang berusia 70 tahun secara kalender, dapat menjaga kemudaan tubuhnya hingga secara usia biologis masih 50 tahun. Hal ini tentu sangat dipengaruhi bagaimana kita menjaga dan mendayagunakan tubuh kita.
Penuaan sel-sel tubuh inilah yang menjadi satu dari penyebab berbagai macam penyakit. Karena organ, jaringan atau sel sudah tidak optimal lagi dalam menjalankan fungsinya.
Jika sekian tahun yang lalu para dokter menerima pasien dengan penyakit komplikasi biasanya pada usia 40 keatas, maka belakangan ini cukup banyak dijumpai 30 tahun keatas telah mengidap penyakit yang diakibatkan oleh penuaan sel-sel tubuh ini.
Jika sedikit dirinci, beberapa dampak dari penuaan pada anggota tubuh:
Rambut – beruban
Kulit – keriput
Mata – katarak
Hati – sirosis
Ginjal – gagal ginjal
Tulang – osteoporosis
Jantung – jantung koroner
Sendi – radang sendi
Saraf – stroke
Juga penyakit seperti Diabetes melitus, hipertensi, tumor, kanker dan masih banyak lagi.
Usia tak dapat kita hentikan, akan tetapi mengoptimalkan fungsi organ tubuh dan memperlambat penuaan dapat kita upayakan. Sekurang-kurangnya kita dapat menjaga agar
Usia biologis tubuh= usia kalender, akan lebih baik jika
usia biologis tubuh < usia kalender.
Dan semoga tidak sebaliknya atau yang biasa disebut dengan prematur aging (menua sebelum waktunya)
Adapun penyebab dari prematur aging diantaranya adalah:
1. Merokok (baik aktif maupun pasif)
2. Sering terpapar polusi
3. Stress

Berdasarkan pengalaman separuh dari obat pada pasien adalah Tawakkal dan menerima kenyataan. Selain itu, ada terapi yang sering digalakkan disini adalah terapi senyum, dimana senyum membantu mengeluarkan hormon endorphin sebagai morfin alami bagi tubuh.
4. Kurang olahraga
5. Banyak mengkonsumsi obat

Sejatinya tubuh manusia lebih dapat bersinergi dengan yang alami. Maka menggampangkan dalam memasukkan bahan non-alami ke dalam tubuh bukanlah tindakan yang bijak. Karena tubuh kita telah dilengkapi dengan benteng pertahanan, mulai enzim-enzim pada air liur, amandel, lambung, cairan empedu, caira  getah bening itu semua merupakan antibiotik luar biasa yang kadang dengan mudah kita lumpuhkan hanya dengan alasan ‘dengan obat lebih cepat sembuh’
Demam,batuk,flu,pusing terkadang adalah respon tubuh yg sedang melawan penyakit dan kuman. Maka beri waktu, dan motivasi mereka dengan madu dan habbatussauda’ serta kondisi psikis yang baik. (Maaf kalimat terakhir nambahin sendiri)
6. Salah nutrisi 
Mencegah berkaratnya organ pencernaan adalah dengan menghindari makanan  fast food dan sedapat mungkin memasak sendiri makanan yang dapat kita jamin kebersihan dan kesehatannya.
7. Sering memforsir tubuh
8. Kualitas tidur malam yang buruk

Regenerasi terjadi di malam hari, maka kualitas tidur yang baik akan membantu optimalnya proses regenerasi Regenerasi sel darah merah membutuhkan waktu120 hari, sedangkan sel kulit 28 hari.
9. Drainase tidak lancar
10. Minim minum air putih
11. Sedikit olahraga
Semoga kita dapat menjaga tubuh yang merupakan amanah Allah dengan sebaik baiknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar